" Katakanlah, "Perhatikanlah apa yang terdapat di langit dan bumi. ..." (Q.S. Yunus : 101)

Laman

Sabtu, 21 Juli 2012

sekeping hidup di semester II

Semester II benar-benar semester yang mengajarkan untuk tetap ikhlas, optimis, dan istiqomah, terutama ketika iman tak stabil. Alhamdulillah kini semester II telah dilewati dan tinggal menunggu hasilnya. Semoga optimal dan bisa makin semangat melanjutkan perjuangan. May Allah Ta’ala always bless us and our family. Amin.

Berikut adalah mata kuliah semester II Diploma III Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota Undip 2012.

1. Pengantar Proses Perencanaan (Proper/PPP)
MK ini mengajari kita tentang jenis serta bagaimana siklus dan tahapan dalam sebuah perencanaan. Kemudian akan muncul sebuah tugas besar yaitu mereview proses penyusunan sebuah RTRW (Rencana Tata Ruang) wilayah.

2. Kartografi
MK ini mengajari kita tentang software komputer yang bisa digunakan dalam pembuatan peta seperti Arc-Gis, Ermapper, Arc-Map, dan MapInfo.Tugas besar yang muncul adalah pembuatan album peta berdasarkan jenis peta yang dibuat pada tugas besar Geoling (Geoling).

3. Pengantar Ekonomi (Pengek/PE)
Seperti namanya, Pengek mengajarkan kita tentang sejarah, perkembangan, strategi, pertumbuhan dan kondisi riil ekonomi di Indonesia. Tugas besar yang muncul pada MK ini adalah analisis PDRB (Produk Domestik Regional Bruto) pada suatu wilayah.

4. Kewirausahaan (KWU)
Tentu saja MK ini berkaitan dengan kewirausaahaan/enterpreneur dan tentang HKI (Hak Kekayaan Intelektual).

5. Geologi Lingkungan (Geoling)
Ini dia salah satu MK yang menarik yaitu mengajari kita tentang semua aspek geologi seperti morfologi, topografi, strategi, dan lain sebagainya, yang menuntun kita pada pemikiran tentang landasan dasar dalah arahan pemanfaatan lahan. Tugas besar pada MK ini adalah menganalisis kondisi wilayah (biasanya berupa rawan bencana) berdasarkan gelogi lingkungan sebagai arahan antisipasi bencana atau dalam penggunaan lahan.

6. Teknik Komunikasi (Tekkom)
Tekkom pastilah mengajarkan kita tentang teknik komunikasi multimedia, dari media kertas, LCD, sampai film. Tugas besar pada MK ini adalah pembuatan film, poster, blog kelompok, dan buku desain dengan tema tertentu yang telah disediakan.

7. Matematika
Pastilah MK ini mengajarkan tentang anak-anak MTK seperti bilangan, limit, integral, turunan, matriks, dan fungsi linier.

8. Olahraga
Mengajari kita tentang senam SKJ 2008, lari, permainan, renang, dan pemanasan. Satu-satunya MK dengan 0 (nol) sks tapi sebagai salah satu syarat dalam mengikuti ujian.

9. Elemen dan Sistem Prasarana (ESP)
Seperti namanya, MK ini mengajri kita tentang jenis-jenis sistem/jaringan sistem prasarana seperti kelistrikan, sanitasi, persampahan, drainase, telekomunikasi, dan mitigasi (antisipasi/pencegahan bencana). Tugas besar dari MK ini adalah penghitungan jumlah kebutuhan prasarana dalam suatu wilayah.

Walaupun sebagian besar dari MK tersebut berujung pada tugas besar, tenang aja karena tubes tersebut dikerjakan secara kelompok. Jadi yang harus kita lakukan adalah pandai mengorganisir dan mengoptimalkan peran masing-masing sesuai kompeten yang dimiliki.

Kata-kata Tiara :
  • Sepandai-pandainya orang yang kita pikirkan, tak selalu mereka pandai pada sesuatu yang kita pikirkan.
  • Sekurangpandainya seseorang, dia mempunyai kepandaian yang belum kita lihat karena kita melihat dari kepandaian yang terlihat.
  • Mereka yang memimpin bukanlah orang terpandai, tetapi mereka adalah orang yang termau di antara kita.
  • Ketika waktu, energi, dan tenaga kita kerahkan dalam suatu hal dan merasa kita terkuras olehnya, maka satu hal yang harus tetap kita tingkatkan yaitu mendekatkan diri pada-Nya.
  • Ketika kau merasa lelah, sebenarnya jiwa kita rindu pada pemiliknya (Allah Ta’ala).
  • Bukannya mereka tak pedulikan kita dengan berdiam diri, tetapi mereka percaya pada kita karena kita mampu.
  • Kita mampu karena kita makhluk-Nya.
  • Manfaatkan waktu yang ada secara optimal.
  • Jangan tinggalkan Allah, orang tua, dan sahabat sesibuk apapun kita.
  • IP penting, tapi lebih penting adalah pelajaran/hikmah yang kita ambil dalam proses pemunculan IP tersebut.
  • Sesibuk-sebuknya dosen, kita tak sibuk.
  • Ketika organisasi dan kuliah tengah ‘menekan’, sebenarnya mereka tengah meminta perhatian kita.
  • Orangtua selalu ada di pundak kita, bukannya membenani tapi mereka tengah memijat pundak kita yang kaku.
  • Jika dunia adalah milik berdua antara kita dan pacar kita maka salah besar, karena ada DIA yang membut semua ada.
  • Sebaik-baiknya orang akan kita rasakan ketika mereka mulai menjauhi atau pergi dari sekeliling kita, jadi hiduplah pada saat ini.
  • Menjadi diri sendiri bukanlah meminta kemakluman dari orang lain tentang karakter kita, tetapi bersikap dengan dasar kita sebagai manusia yaitu sebaik-baik manusia adalah mereka yang berbuat baik pada sesamanya.
  • Ketika prinsip ‘kepenthok’ keadaan atau keinginan, maka tegaslah atau ambil resiko dalam patahnya prinsip tersebut. Ketika tak sempat ikuti dunia lewat TV, maka ikutilah dengan berseluncur di internet.
  • Mana yang kau pilih, beramal sekarang dengan yang kau punya atau beramal nanti setelah yang kau punya tercukupi?

Smg.1ramadhan.8:10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar